Selasa, 26 Oktober 2010

Apa saja BUDAYA DAN SENI BALI.







Apa saja Budaya dan Seni di Pulau BALI.
 

Budaya dan Agama orang Bali adalah budaya agama Hindu Bali yang unik,dimana agama Hindu Bali berbeda dari agama Hindu dari India.Tritunggal agama Hindu Bali adalah dewa Brahma sang pencipta, Syiwa dewa perusak dan Wisnu pemelihara, yang dipandang sebagai manifestasi dari Tuhan Maha Sanghyang Widhi. Sedangkan dewa India lainnya seperti Ganesha ,Dewi Saraswati sebagai dewi pengetahuan juga ada, di pulau Bali kita akan melihat banyak tempat suci dan juga  banyak dewa dan roh yang unik . Budaya orang Bali sangat percaya pada alam gaib dan kekuatan roh, yang mana sebagian besar kepercayaan mereka didasarkan pada hal ini. Mereka percaya bahwa roh-roh yang baik tinggal di pegunungan dan hutan sedangkan  lautan merupakan tempat bagi setan dan raksasa. Desa di Bali memiliki setidaknya tiga candi utama, yaitu: (1) 'kuil asal' Pura Puseh,  (2) Pura Desa, atau kuil desa biasanya ditemukan di tengah, dan (3) Pura Dalem, atau pura orang yang meninggal selaras dengan laut dan didedikasikan untuk roh-roh orang mati. Selain dari 'PURA DESA', hampir setiap rumah memiliki pura atau tempat suci sendiri. Beberapa candi besar, misalnya, Pura Goa Lawah,Pura Uluwatu sedangkan Pura Besakih atau disebut juga ibu dari seluruh pura di BALI terletak di lereng Gunung Agung, yang dinilai sangat penting bagi orang-orang dari seluruh Bali  untuk sembahyang ke sana .

Persembahan merupakan hal yang penting dalam budaya kehidupan Bali saat mereka menenangkan roh dan rasa syukur kepada Hyang Widhi sehingga dengan demikian akan membawa kemakmuran dan kesehatan  bagi seluruh keluarga. Setiap hari sebagai rasa syukur kepada Tuhan ,dengan mempersembahkan (canang sari) berisi makanan , bunga, rokok dan uang, yang ditempatkan di tempat suci, di kuil-kuil, rumah-rumah, di halaman luar dan toko-toko, dan bahkan di persimpangan jalan .
Upacara besar lain adalah kesempatan besar untuk menyenangkan para dewa. Dalam budaya Bali para wanita menyiapkan sajian besar, indah ditata, susunan piramida makanan, buah dan bunga di kepala mereka dimana disaat lain para pria melakukan suatu pengorbanan darah melalui sabung ayam . Ada tarian tradisional dan musik untuk para dewa yang diundang datang  bergabung dalam perayaan. Upacara besar biasanya sangat menarik dan meriah.
Buday dan seni Bali adalah titik pusat budaya ,seni dan tradisi. Bali memiliki kapasitas alami untuk menyerap unsur-unsur budaya yang berbeda dengan perpaduan budaya bali  sendiri, untuk menghasilkan tradisi budaya bali baru yang dinamis. Selama bertahun-tahun, budaya dan seni Bali telah menjadi penerima banyak pengaruh luar yaitu, Cina, Budha, India, Hindu, Jawa, dan yang terbaru, Barat. Selama berabad-abad, seniman dan pengrajin di Bali bekerja di bawah adat, budaya ,seni dan kepercayaan leluhur.
Umumnya para seniman tidak memiliki banyak ruang untuk ekspresi pribadi, sebagai desain atau kreasi mereka mengikuti pedoman estetika dan agama Hindu . Dengan kedatangan seniman Eropa pada awal abad ini, Budaya dan seni Bali mulai berubah, dan seniman lokal mulai mengembangkan seni gaya Bali masing-masing.
 

 SENI & SENITARI  DI BALI


SENI LUKIS KAMASAN.
Sampai awal abad ini, bentuk seni lukisan yang dominan adalah penggambaran epos Hindu oleh pelukis dan ilustrator disebut 'Sangging'. Selain lukisan representasional besar, 'Sangging' juga diharapkan untuk menghiasi segala sesuatu dari labu, altar kayu, kapal bambu, sandaran kepala untuk kamar tidur pangeran dan khususnya untuk menggambarkan hiasan dinding astrologi di atas kertas kulit atau kain.
Tidak sampai awal 1900-an yang mempengaruhi Barat mencapai Bali. Penggunaan simbol Asia dalam karya, antara lain, Paul Gauguin, Toulouse Lautrec dan Camille Pissaro, menciptakan sebuah tren baru untuk pelukis seni dan Eropa Asia-dipengaruhi mulai bergerak ke Bali. ketenaran Ubud untuk seni dapat ditelusuri kedatangan pelukis Jerman Walter Spies dan pelukis Belanda Rudolf Bonnet.
Sekarang ada berbagai gaya seni yang berbeda, beberapa diantaranya adalah: Ubud, Batuan, Keliki, Pengosekan dan Young Artists (banyak dari Artis muda, pada waktu sekarang berumur lebih dari 70 tahun).
 

GAYA UBUD 
Dipengaruhi oleh penggunaan materi Barat perspektif dan kehidupan sehari-hari subjek, gaya Ubud adalah salah satu yang paling 'ekspresionis' dari semua sekolah seni Bali. Meskipun demikian, seni Ubud tetap mempertahankan fitur tradisional, termasuk perhatian terhadap detail dan karakter yang sangat bergaya.
 

GAYA BATUAN 
Berbasis sangat Wayang , gaya seni ini merupakan representasi kehidupan budaya Bali, seni dan budaya Bali mengisi  setiap sudut dan celah dari kanvas.
 

GAYA KELIKI 
Seni Keliki sangat mirip dengan Gaya Lama Batuan dengan satu pengecualian yaitu ukuran ; 20cm sedangkan Keliki berukuran  15cm. Mereka berisi adegan karakter Rahwana dan Mitos Ramayana terlibat dalam pertempuran, baik lawan jahat, pada latar belakang jahat.
 

GAYA PENGOSEKANDari desa ini, di pinggiran Ubud, sebuah gaya baru bermunculan ,seni ukir batu yang terkonsentrasi pada hanya beberapa komponen alami seperti burung, serangga, kupu-kupu dan tanaman.

SENI UKIR BATU
seni ukiran batu yang terutama digunakan untuk menghias kuil dan istana. Ada sedikit perbedaan antara candi ikonografi dekorasi dan gedung-gedung swasta. Gerbang yang merupakan garis pemisah antara dunia dalam dan luar dan dengan demikian merupakan penerima dari beberapa ukiran batu yang paling fantastis. di Bali ukiran batu adalah desa Batubulan, terletak di tengah antara kota Denpasar dan Ubud.
 

SENI UKIRAN  KAYU
Kayu ukiran, seperti seni ukiran batu, secara tradisional telah ditampilkan sebagian besar dalam arsitektur kuil dan istana. Diukir rapi setan dan makhluk mitos menghiasi pilar, panel pintu, dan daun jendela ambang jendela dengan tujuan melindungi bangunan dari penyusup jahat. Adegan tokoh legendaris ditempatkan dalam dekorasi bunga sehingga lebih harmonis dan menyenangkan .
Dengan kedatangan pengaruh Barat, ukiran kayu mulai mengembangkan ukiran yang lebih inovatif dan komersial. Desa-desa sehari penuh mengkhususkan diri dalam memproduksi gaya pekerjaan tertentu. Desa Mas, dekat Ubud, mungkin yang paling dikenal untuk ukiran atas sosok perempuan, Buddha, karakter dari epik Hindu dan Topeng Wayang Wong tradisional dan masker.
 


Tekstil
Salah satu hal lain tentang Bali adalah beragam kain dan bahan yang  terlihat di seluruh pulau Bali . Namun, hanya sebagian kecil di antaranya berasal dari Bali. banyak baju batik dan sarung tersedia di mana-mana terutama diimpor dari Jawa. Bali, bagaimanapun, memiliki tekstil sangat kaya seni sendiri. Kain Songket indah yang dikenakan oleh para penari tradisional Bali adalah contoh yang baik. Dalam Songket, emas dan perak benang yang ditenun menjadi kain untuk membuat motif kompleks burung, kupu-kupu dan bunga.
Endek, atau ikat pakan, adalah metode lain yang umum digunakan di Bali. Dalam tenun ikat pakan, benang pakan yang dicelup untuk membuat desain dan kemudian ditenun dengan benang lungsin polos. Bentuk paling umum dari tenun untuk dilihat di Bali adalah Geringsing, atau double-ikat, dan mungkin yang paling dicari dan sangat mahal. Ini adalah lungsin dan benang pakan yang dicelup dengan desain terakhir mereka sebelum dijalin bersama. Teknik tenun hanya bisa ditemukan di desa kecil Bali Aga Tenganan di Bali Timur.
 

SENDRATARI & DRAMA

Budaya Tari dan drama secara adat memainkan peran penting dalam masyarakat budaya Bali. Melalui media budaya dan seni ini, orang belajar tentang kisah Ramayana, Mahabarata dan cerita-cerita epik lain dari sejarah Bali. Berikut ini adalah penjelasan singkat dari beberapa seni drama terkenal lebih-tarian yang bisa dilihat pada pertunjukan rutin, di seluruh Bali.
Baris 

Ini adalah tarian pejuang. Hal ini biasanya dilakukan oleh pria, baik solo atau dalam kelompok lima atau lebih.
Barong & Rangda 

Hal ini pada dasarnya cerita tentang perjuangan antara yang baik dan yang jahat. Baik dipersonifikasikan oleh Barong Keket, makhluk aneh dan bersenang-senang dalam bentuk singa naga-. Kejahatan diwakili oleh Rangda, penyihir.
Kecak 

Tari Kecak  paling terkenal dari tarian Bali, Kecak berasal dari tari Sanghyang paduan suara, yang menyanyikan sebuah iringan khas 'kechak-kechak'. The Kecak sebagai tarian yang dikembangkan pada tahun 1930 di desa Bona.
Legong 
Tarian ini menceritakan tentang Putri Rangkesari yang ditawan terhadap dirinya akan oleh Raja Lakesmi. Rangkesari saudara, Pangeran Daha, mengumpulkan pasukan bersama untuk menyelamatkan adiknya. The Legong adalah tarian yang sangat klasik dan anggun, selalu dilakukan oleh gadis-gadis prepubescent, yang sering semuda delapan atau sembilan tahun.
Sanghyang Tarian Trance 

The Dedari Sanghyang dilakukan oleh dua anak perempuan dan sangat mirip dalam gaya dengan Legong. Perbedaan utama adalah bahwa gadis-gadis yang seharusnya tidak terlatih dan dapat kemasukan pada waktu yang tepat satu sama lain, meskipun mata mereka tertutup rapat. Dalam Sanghyang Jaran, tarian anak laki-laki berjalan dan melalui api, mengendarai kuda-kudaan kelapa sawit. Hal ini sering disebut 'TARI API'. Dalam kedua tarian, mangku selalu berada untuk membantu membawa para penari keluar dari alam bawah sadar mereka  di akhir acara.
Wayang Kulit  

Wayang Kulit adalah salah satu tradisi bercerita besar orang Jawa dan Bali. Pertunjukan Wayang biasanya terdiri dari orkestra 4-potongan kecil, yang menyediakan iringan musik, sekitar 'boneka' 60 diukir dari potongan kulit kerbau  dan Dalang, Dalang  untuk  karakter yang baik biasanya berbicara dalam kuno 'Kawi' sedangkan karakter jahat  berbicara kasar bahasa Bali.
Baca juga :
NGABEN-Upacara-Kremasi-Bali 
Adat-istiadat-dan-Budaya-bali. 
Hari raya Galungan
Penjor-Bali
ILMU LEAK - BALI


Akhir Kata Infoseputarbali.

Terima Kasih kepada para pengunjung Info seputar bali yang telah menyempatkan diri untuk sekedar tahu tentang Info seputar bali,blog Info seputar Bali ini sengaja dibuat untuk memberikan informasi yang anda butuhkan tentang seputar Bali.Semoga info seputar bali ini bermanfaat dan menghibur .Terimakasih.


Salam,
Info seputar Bali


Pesan Sponsor

Pesan Sponsor
gb sponsor

Ruang Sponsor

Ruang  Sponsor
isaura

Info Seputar Bali (Label)

BALI INFO (141) BALI WISATA (94) BALI UNIK (45) BALI ISLAND (37) BALI KULTUR (33) BALI KULINER (13) BALI ART (12) bali culture (7) Barong Landung (2) Cari Spa di Bali (2) Cari tempat kost di BALI (2) PELEBON (2) bali food (2) cari kost di kuta (2) dimana pasar kreneng (2) kuningan (2) lawar (2) pasar kreneng (2) Air terjun Campuhan (1) Air terjun Colek pamor (1) Airterjun melanting (1) Amed (1) Bali (1) Cari Restaurant China di Bali (1) Cari info Penginapan Murah di Bali (1) Cari tempat makan enak dibali (1) Colek Pamor (1) DIMANA PANTAI ECHO (1) Dimana pulau menjangan (1) Dimana taman safari bali (1) GOMAS (1) Gereja Kristen dibali (1) Indian resto (1) KOS DIBALI (1) MIC (1) Megibung (1) Mekare kare (1) Museum Bali (1) Museum and Art Centre (1) PANTAI ECHO (1) Pantai Geger (1) Pantai indah Bali (1) Pantai indah di Bali (1) Pantai wisata di Bali (1) Paradise of Bali (1) Pulau menjangan Bali. (1) Pura Uluwatu (1) Pura besakih (1) RUMAH SAKIT DIBALI (1) SARASWATI GOODDESS (1) Sabung Ayam (1) Seni dan Budaya Bali. (1) Taman Ayun bali (1) Taman kupu kupu Bali (1) Taman safari bali (1) Taman safari gajah Taro bali (1) Taman wisata bali mini (1) Tampaksiring (1) Tirtagangga (1) Toyabungkah (1) Vihara dibali (1) Wisata di BALI (1) Yeh Mempeh (1) Yeh sanih (1) adat bali (1) adat dan budaya bali (1) air panas Banyuwedang (1) air panas angseri (1) air panas banjar (1) air panas belulang (1) air panas penatahan (1) air terjun Jembong (1) air terjun carat (1) air terjun lemukih (1) air terjun singsing (1) air terjun tegenungan (1) airtejun alingaling (1) airterjun dusun kuning (1) airterjun munduk (1) airterjun nungnung (1) alamat gereja katolik dibali (1) alas kedaton (1) apa itu Canangsari (1) apa itu Tajen (1) apa itu arja (1) apa itu barong landung (1) apa itu betutu (1) apa itu daksina (1) apa itu drama gong (1) apa itu galungan (1) apa itu gambuh (1) apa itu ilmu leak (1) apa itu joged bumbung (1) apa itu kasepekang (1) apa itu kuningan (1) apa itu lamak (1) apa itu makepung (1) apa itu masuryak (1) apa itu megibung (1) apa itu mekare kare (1) apa itu ngaben (1) apa itu ogoh ogoh (1) apa itu otonan (1) apa itu pagerwesi (1) apa itu rangda (1) apa itu saput poleng (1) apa itu serombotan (1) apa itu subak (1) apa itu tari baris gede (1) apa itu tari janger (1) apa itu tari joget (1) apa itu tari kecak (1) apa itu tari legong (1) apa itu tari pendet (1) apa itu taribarong (1) apa itu terteran (1) apa itu tirtayatra (1) apa itu tumpak landep (1) apaitu perang pisang (1) apotik denpasar (1) apotik di bali (1) apotik24jamdibali (1) arja (1) arti saraswati (1) baju barong (1) bali canyon tubing (1) bali custom (1) balihandara (1) bedugul (1) bendungan palasari (1) botanical garden ubud (1) budaya bali (1) bukit jambul (1) burung kokokan bali (1) candidasa (1) cari alamat gereja katolik dibali (1) cari alamat spa dibali (1) cari gereja Katholik diBali (1) cari kode pos dibali (1) cari kos dibali (1) cari kost direnon (1) cari restaurant india di Bali (1) cari restaurant italia di bali (1) cari restaurant jepang dibali (1) cari resto vegetarian (1) ceremony (1) cupak grantang (1) daksina (1) danau beratan (1) danau indah dibali (1) desa adat penglipuran (1) desa baju barong (1) desa celuk (1) desa kamasan (1) desa kertalangu (1) desa mas bali (1) desa petulu (1) desa tenganan (1) desa terkenal bali (1) desa trunyan bali (1) diman pantai secret (1) dimana Bali zoo (1) dimana Botanical garden (1) dimana TNBB (1) dimana Taman budaya (1) dimana Vihara brahmavihara arama (1) dimana Yeh sanih (1) dimana air terjun campuhan (1) dimana air terjun gitgit (1) dimana air terjun singsing bali (1) dimana airpanas angseri (1) dimana airpanas banjar (1) dimana airpanas belulang (1) dimana airterjun alingaling (1) dimana airterjun blehmantung (1) dimana airterjun dusun kuning (1) dimana airterjun jembong (1) dimana airterjun juwuk manis (1) dimana airterjun lemukih (1) dimana airterjun munduk (1) dimana airterjun sekumpul (1) dimana airterjun yeh mempeh (1) dimana alas kedaton (1) dimana bali canyon tubing (1) dimana bedugul (1) dimana bendungan palasari (1) dimana bukit jambul (1) dimana bunut bolong (1) dimana candidasa (1) dimana danau batur (1) dimana danau beratan (1) dimana desa adat penglipuran (1) dimana desa beng (1) dimana desa celuk (1) dimana desa kamasan (1) dimana desa mas (1) dimana desa petulu (1) dimana goa gajah (1) dimana goa garba (1) dimana goa jepang bali (1) dimana goa lawah (1) dimana goa maria air sanih (1) dimana goa serijong (1) dimana gunung batur (1) dimana jatiluwih (1) dimana kebun raya bedugul (1) dimana kertagosa (1) dimana kertalangu (1) dimana lovina (1) dimana monkey forest (1) dimana monumen bajra sandhi (1) dimana museum bali (1) dimana museum puri lukisan (1) dimana museum sidik jari (1) dimana pantai blue lagoon (1) dimana pantai dreamland (1) dimana pantai geger (1) dimana pantai karma kandara (1) dimana pantai keramas (1) dimana pantai labuan sait (1) dimana pantai lebih (1) dimana pantai legian (1) dimana pantai masceti (1) dimana pantai matahari terbit (1) dimana pantai padang padang (1) dimana pantai pandawa (1) dimana pantai petitenget (1) dimana pantai sanur (1) dimana pantai soka (1) dimana pantai suluban (1) dimana pantai tanjung benoa (1) dimana pantai virgin (1) dimana pantai watu klotok (1) dimana pasar seni sukawati (1) dimana pura besakih (1) dimana pura kehen (1) dimana pura rambut siwi (1) dimana pura uluwatu (1) dimana puri karangasem (1) dimana sangeh (1) dimana taman ayun (1) dimana taman burung bali (1) dimana taman gajah bali (1) dimana taman mini bali (1) dimana taman ujung (1) dimana tampaksiring (1) dimana tanahlot (1) dimana telaga waja (1) dimana tirta empul (1) dimana tirta sudamala (1) dimana tirtagangga (1) dimana trunyan bali (1) dimana yeh pulu (1) dimana yehpanes (1) duty free dikuta.dutyfree di bali (1) dutyfree in bali (1) dutyfree in kuta (1) galungan (1) gambuh (1) gebogan (1) goa garba (1) goa jepang (1) goa lawah (1) goa maria air sanih (1) goa serijong (1) gunung batur (1) gwk bali (1) hari raya galungan (1) hari saraswati (1) jalak bali (1) jatihluwih (1) jembatan bangkung (1) joged bumbung (1) joget (1) kantor pos bali (1) kasepekang (1) kebun eka karya (1) kode pos di bali (1) kos di kuta (1) kost direnon (1) lamak (1) lukat geni (1) makan di bali (1) makan murah (1) makepung (1) makotek (1) mangrove information centre (1) masjid dibali (1) masuryak (1) museum dan art gallery di bali (1) museum sidik jari (1) ngaben (1) nusa lembongan (1) ogohogoh bali (1) otonan bali (1) pajegan (1) pantai Masceti (1) pantai blue lagoon (1) pantai dreamland (1) pantai jimbaran (1) pantai karma kandara (1) pantai kedonganan (1) pantai keramas (1) pantai labuan sait (1) pantai legian (1) pantai lovina (1) pantai padang padang (1) pantai pandawa (1) pantai petitenget (1) pantai sanur (1) pantai soka (1) pantai suluban (1) pantai virgin (1) pasar sukawati (1) patung gwk (1) penginapan murah di kuta (1) penjor (1) perang pisang (1) pura kehen (1) pura rambut siwi (1) pura terkenal bali (1) puri karangasem (1) resto cina di kuta (1) ritual melasti (1) rumah makan vegetraian (1) saput poleng (1) sejarahbali (1) serombotan (1) situs goa gajah (1) spa di bali (1) taman burung bali (1) taman sukasada (1) tamasya pulau serangan (1) tanjung benoa (1) tari baris (1) tari janger (1) tari janger bali (1) tarian rangda bali (1) telaga waja (1) tempat Wisata Bali (1) terteran (1) tirta empul bali (1) tirta yatra (1) toyadevasya (1) upacara melasti (1) warung makan murah bali (1) what is Galungan (1) what is pelebon (1) wisata ke gwk bali (1) wisata kuliner di bali (1) yeh pulu (1)